Apa itu Digital Marketing? Kenapa Perusahaan Perlu Digital Marketing?



Apa itu Digital Marketing? Kenapa Perusahaan Perlu Digital Marketing?

Pengertian Digital Marketing, Jenis dan Strategi Digital Marketing, dan manfaatnya bagi Perusahaan
Apakah Anda pernah melihat suatu produk atau merek suatu Perusahaan di Sosial Media seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, Youtube dll ?
Hal-hal itulah yang disebut dengan Digital Marketing. Di zaman sekarang ini tentu hal tersebut sangat mudah untuk kita cari dan lihat informasinya bahkan di generasi 5 tahun terakhir sudah tau apa itu tiktok dan instagram.
Kemajuan teknologi yang semakin canggih, tentunya mengubah tren marketing saat ini, dan salah satunya yang paling disukai adalah Digital Marketing dimana semua dulu berupa flyer yang dicetak, dikirim door to door, di jalan, sekarang semua jika sudah paham cara menggunakan digital marketing dalam 1 detik upload bisa ribuan bahkan puluhan ribu dan jutaan orang yang bisa akses langsung dari handphone mereka.

Lalu apa fungsinya dari Digital Marketing bagi perusahaan?
Konsep dan Penerapan Digital Marketing tentunya sama dengan fungsi terdahulunya yaitu untuk meningkatkan penjualan produk dari suatu Brand.

Lalu apa sih sebetulnya pengertian Digital Marketing dan bagaimana penerapannya dalam bisnis?

  • Digital Marketing adalah suatu promosi, baik untuk mempromosikan sebuah brand, produk, ataupun jasa menggunakan media digital atau internet. Ingat konsep dasar Marketing adalah PULL PEOPLE seperti di blog sebelumnya yah.
  • Internet saat ini telah digunakan dan dapat diterima oleh masyarakat di seluruh dunia, maka dari itu tidak heran jika Perusahaan-Perusahaan akan menjadikan Digital Marketing sebagai pilihan utama untuk mempromosikan brand, produk, atau jasa mereka. Hal ini pun membuat Perusahaan-Perusahaan berkompetisi untuk membuat konten semenarik mungkin karena sudah dipercaya lebih cepat, lebih mudah, lebih luas dan lebih murah.

Pengguna Internet di Indonesia berdasarkan data Public yang ada di GOOGLE (HOOTSUITE)

Pertanyannya pastilah, Mengapa Harus Digital Marketing?

Hampir setiap Perusahaan saat ini menggunakan Digital Marketing hingga memiliki tim Digital Marketing mereka sendiri. Ini membuktikan bahwa Digital Marketing memiliki banyak manfaat dan kelebihan. Apa saja kelebihannya itu?

1. Cepatnya Penyebaran Produk

Marketing dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dalam waktu yang sangat cepat. Penyebaran produk dengan Digital Marketing juga bisa dihitung secara langsung dan tepat.

2. Lebih Murah dan Efektif

Jika Kita bandingkan Digital Marketing dengan Konvensional Marketing, tentu saja Digital Marketing jauh memerlukan biaya yang lebih kecil dan pemasaranpun lebih efektif. Dengan Digital Marketing Anda dapat mengelompokkan sejumlah orang yang tertarik dengan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dan biaya yang Anda keluarkan untuk Marketing akan lebih jelas dan terarah.

3. Jangkauan Yang Luas

Kelebihan Digital Marketing yang sangat signifikan yaitu jangkauan Geografis yang sangat luas. Anda dapat menyebarkan brand, produk, atau bahkan jasa yang Anda tawarkan ke seluruh dunia. Tentunya hal ini akan sangat berpengaruh terhadap penjualan produk atau jasa yang Anda tawarkan.


Mengenal Jenis-Jenis dari Digital Marketing

Adapun jenis-jenis Digital Marketing yang sangat populer saat ini meliputi :

1. Website Advertising

Website merupakan salah satu jenis Digital Marketing yang paling efektif, dengan memanfaatkan mesin pencarian seperti Google tentunya Website akan menjadi sarana promosi yang sangat menarik untuk Perusahaan-Perusahaan.

2. Sosial Media Advertising

Di zaman sekarang ini, hampir semua orang pasti menggunakan sosial media baik itu Instagram, Facebook, Twitter, dll. Setiap memiliki waktu luang kebanyakan orang tentunya akan menghabiskan waktu menggunakan sosial media. Dengan besarnya penggunaan sosial media, tentunya Digital Marketing melalui sosial media tentunya merupakan jenis yang paling populer saat ini.

3. Video Advertising

Youtube, TikTok, Instagram Reels bukan rahasia lagi merupakan aplikasi yang sangat diminati orang-orang di seluruh dunia. Berjualan produk dengan secara live melalui platform-platform tersebut saat ini juga banyak dilakukan oleh para pengusaha. Dengan bermodal handphone Anda dapat menjual produk / jasa yang Anda tawarkan.


Manfaat Digital Marketing Bagi Perusahaan

Digital Marketing memiliki banyak manfaat bagi perusahaan antara lain : dapat menjangkau konsumen dari manapun, sistem penjualan produk lebih cepat dan lebih tertarget, mudah untuk membangun relasi dengan konsumen dengan hanya komunikasi melalui sosial media.

Walaupun memerlukan usaha yang cukup besar tetapi jika dimanfaatkan dengan baik, Digital Marketing dapat membantu untuk membesarkan usaha Anda. Ditambah biaya yang lebih sedikit dibandingkan Konvensional Marketing dapat menjadi pertimbangan Anda.

Digital Marketing adalah salah satu keahlian yang wajib dikuasai di setiap perusahaan saat ini, jadi jangan lelah untuk mempelajarinya ya!


Pada Jaman sekarang ini, dalam dunia Marketing ada yang namanya Biaya Akuisisi. Dimana Biaya akuisisi berarti Biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi untuk mendapatkan bisnis, antara lain komisi agen, biaya underwriting, biaya broker dan lain-lain. Lalu bagaimana bisa kita tracking marketing kita udah bergerak kemana, sales kita sudah pada posisi offers, deal or not deal? Lenmarc memiliki produk LENMARS - Lenmarc Marketing Sales untuk bantu anda tracking, progress whatsapp, valildasi, broadcasting message sampai Biaya Akuisisi, Info Lanjut tentang Program Software LENMARC dapat kontak ke https://bit.ly/HaloLeminho


Demikian pembahasan tentang Digital Marketing dari LENMARC.

Informasi Karir di LENMARC Klik disini : https://faq.lenmarc.com/frontend/karir