Teknologi 4G+ Smartfren Diklaim Hampir Setara 5G, Ini Syaratnya



PT Smartfren Telecom Tbk semakin meningkatkan teknologi jaringannya dengan meluncurkan 4G+. Melalui teknologi 4G LTE terbaru ini, jaringan tersebut nyaris menyamai teknologi 5G dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Munir Syahda Prabowo selaku VP Technology Relations and Special Project Smartfren membeberkan bahwa ada lima konsep teknologi dasar pada jaringan 5G, yaitu Carrier Aggregations (CA), milimeter wave, Multi Input Multi Output (MiMo), Quadratur Amplitude Modulations (QAM), Beam Forming (8T8R), dan Full Duplex (both way).

"Jaringan 4G+ adalah jaringan 4G LTE ditambahkan dengan pengaplikasian salah satu syarat tersebut. Dikatakan jaringan 5G jika kecepatan download dan upload data antara 1 Gbps hingga 10 Gbps," jelas Munir Syahda Prabowo saat uji jaringan di Yogyakarta, Rabu (15/8/2018).

Munir menambahkan bahwa keenam aspek yang sudah disebutkannya itu merupakan teknologi "tambahan" yang berfungsi meningkatkan kecepatan dan stabilitas trafik data 4G LTE dengan teknologi penggabukan kanal frekuensi secara dinamis, memperbanyak I/O gate pada tiap BTS serta pengaturan transportasi paket datanya secara lebih efektif dan efisien.

Tak hanya itu, rupanya Smartfren telah mengaplikasikan teknologi "tambahan" tersebut, meskipun untuk Full Duplex hanya tersedia untuk FDD. Hal ini terbukti setelah diadakan tes jaringan di Jakarta, di mana kecepatan konektivitas mencapai 198 Mbps dengan menggunakan perangkat teknologi CAT9. Artinya, teknologi Smartfren sudah memasuki era teknologi pre-5G lebih awal.

Smartfren mengkalim, kelebihan dari teknologi 4G+ ini dibandingkan dengan teknologi 4G pada umumnya adalah kecanggihan sistem operasionalnya yang mampu secara real time mengatur situasi dan kondisi jaringan.

Untuk mengidentifikasi 4G+ di handset cukup mudah, jika perangkat kompatibel dengan teknologi tersebut, maka ikon di status bar perangkat saat berada di area dengan sinyal 4G+ akan menunjukkan 4G+. Sebaliknya, jika tidak berada dalam area tersebut maka ikon akan menunjukkan 4G saja. Melengkapi hadirnya teknologi 4G paling mutakhir tersebut, Smartfren juga menghadirkan layanan data super 4G unlimited.

 

Sumber : https://www.suara.com/tekno/2018/08/15/142220/teknologi-4g-smartfren-diklaim-hampir-setara-5g-ini-syaratnya