LKW Sekolah Kehidupan : Bisnis Startup Vs Bisnis Conventional



LKW Sekolah Kehidupan : Bisnis Startup Vs Bisnis Conventional

Bandung, 27 Maret 2019 – Pada Kesempatan LKW (LeMPoS Kuliah WhatsApp) Semalam, atau tepatnya 26 Maret 2019. Moderator LKW, Ridwan Nur Arifin membahas tentang Bisnis Startup Vs Bisnis Conventional dan 7 Ide dan contoh Bisnis Startup Paling Potensial serta Menjanjikan di Indonesia. Bagaimana isi pembahasannya? Berikut pembahasannya.

Bisnis Startup (Rintisan) VS Bisnis Conventional (Konvensional), Siapa yang Paling Menjanjikan di Tahun 2019 ini? Bisnis Startup di Indonesia sebenarnya bukan bisnis baru, bisnis Startup mulai dikenal di Indonesia sejak akhir tahun 90-an. Perkembangan startup bisnis di Indonesia cukup pesat seiring dengan kemajuan teknologi yang juga semakin canggih.

Di tahun 90-an, internet mulai banyak dikenal dan banyak digunakan. Banyak pengusaha yang mulai memanfaatkan internet sebagai ladang usaha karena dianggap mampu mengembangkan usahanya. Sampai saat ini, internet masih memiliki andil yang besar terhadap kesuksesan usaha. Oleh sebab itu, semakin banyak pengusaha yang menggunakan internet dalam menjalankan bisnisnya.

Bisnis Startup sendiri merupakan bisnis yang merupakan bisnis baru dan memanfaatkan kecanggihan internet. Saat ini ada banyak contoh bisnis Startup yang sukses, misalnya saja ojek online, iklan baris, PoS (Point of Sales) dan lain sebagainya. Terbayang bukan betapa besar sumbangsih internet pada kesuksesan usaha seseorang. Lalu, apa bedanya bisnis Startup online di Indonesia dengan bisnis Conventional. Jawabannya yaitu terletak pada pelaksanaannya, apakah bisnis tersebut memanfaatkan internet atau bukan. Seperti contoh ada ojek online sebagai startup bisnis dan ojek pangkalan sebagai bisnis Conventional.

Mana yang Lebih Menjanjikan antara Bisnis Startup atau Bisnis Conventional? Bagi Anda yang baru dalam dunia bisnis atau baru saja merencanakan ingin masuk dunia bisnis, mungkin Anda masih bingung. Jenis bisnis apa yang akan Anda pilih, apakah bisnis konvensional ataukah bisnis startup? Startup bisnis di Indonesia sendiri memiliki perkembangan yang sangat pesat. Contohnya yaitu ojek online yang saat ini banyak sudah merambah ke pelosok nusantara, tidak hanya di kota besar saja. Adanya ojek online ini tentu menjadi pesaing berat bagi ojek konvensional. Akibatnya ada banyak kontra akibat perbedaan tersebut sehingga membuat Anda ragu untuk memilih.

Jika Anda memiliki bisnis Conventional, mungkin Anda harus siap bersaing dengan bisnis Startup yang semakin hari semakin berkembang. Namun Anda juga dilema dengan bisnis Startup yang mendapatkan kontra dari bisnis Conventional jika harus memilih bisnis Startup. Sebenarnya untuk saat ini, bisnis Startup di Indonesia adalah bisnis yang lebih menjanjikan dengan potensi yang lebih besar dibandingkan bisnis konvensional. Bagaimana tidak, pengguna internet lebih banyak dan meningkat setiap harinya. Jika dulunya hanya di kota-kota besar saja yang dapat mengakses internet, saat ini tidak lagi.

Setelah mengetahui penjelasan dan perbandingan tentang Bisnis Startup Vs Bisnis Conventional, sudah terbayang ingin memulai bisnis mana yang akan digeluti kedepannya? Apa akan banting setir mengubah arah haluan bisnis statup sekarang ke conventional, atau sebaliknya, Conventional ke Startup? Untuk yang ingin memulai bisnis startup, beberapa rekomendasi ide dan contoh Startup potensial.

7 Ide dan contoh Bisnis Startup Paling Potensial serta Menjanjikan di Indonesia :

  1. Startup sebagai pendukung roda bisnis. Bisnis Startup yang satu ini dapat Anda jadikan inspirasi bagi yang ingin mendirikan startup bisnis. Saat ini banyak orang yang memilih untuk menjadi wirausaha dibandingkan bekerja di bawah pimpinan orang lain. Untuk itu, Anda dapat mencoba mendirikan startup yang berhubungan dengan dunia usaha. Diantaranya yaitu, Startup dalam bidang akses pemasaran, tools bisnis, sistem akuntansi dan layanan manajemen.
  2. Startup penawaran tools. Ide bisnis Startup berikutnya yaitu startup dalam menawarkan tools. Misalnya saja pembuatan tools untuk menghitung kalori dan tools-tools lainnya yang banyak dicari. Semakin banyak pangsa pasarnya maka akan semakin mudah bagi Anda untuk mencapai titik sukses.
  3. Startup dengan ide media sosial. Jika Anda perhatikan, sampai saat ini media sosial masih memiliki tempat di mata konsumen. Untuk itu, Anda harus memanfaatkan hal tersebut, terutama bagi Anda yang ingin mendirikan Startup bisnis. Anda dapat mendirikan Startup bisnis dalam bidang komunikasi seperti aplikasi jejaring sosial atau forum-forum obrolan.
  4. Startup dengan target anak. Untuk ide yang satu ini juga dapat Anda coba, mungkin saja Anda memiliki kreativitas lebih dalam pembuatan aplikasi game edukasi. Selain disukai anak-anak, para orang tua juga akan menyukai game edukasi tersebut. Selain dapat dimanfaatkan sebagai hiburan, anak-anak juga dapat belajar dan mengasah otaknya.
  5. Startup untuk akses layanan online. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan layanan ojek online yang sangat berkembang pesat beberapa tahun terakhir. Semenjak layanan online tersebut sukses, Anda dapat memulai bisnis baru dengan sistem yang mirip. Misalnya saja jual kue secara online, jasa privat online dan lain sebagainya. Jadikan contoh bisnis Startup ini sebagai ide bisnis yang dapat Anda manfaatkan sebaik mungkin.
  6.  Startup di dunia hiburan. Hiburan adalah kebutuhan bagi siapa saja, Anda dapat menjadikan peluang ini untuk memulai bisnis baru. Misalnya saja Anda dapat membangun web yang berisi link-link video atau series populer. Atau Anda juga dapat menyediakan game-game menarik untuk orang dewasa yang sampai saat ini masih menempati hati konsumen.
  7. Startup yang berhubungan dengan wanita. Wanita memiliki kebiasaan yang cukup unik dan sebenarnya cukup beragam. Beberapa wanita ada yang suka mencari gosip di internet, ada pula yang mencari tips sukses dalam hal apapun. Apapun yang sedang menjadi tren masa kini biasanya sangat diminati kaum wanita. Ide Startup bisnis ini, sebaiknya Anda manfaatkan sebaik mungkin sebagai founder Startup. Anda dapat membangun Startup yang berhubungan dengan apapun yang disukai kaum wanita

Itulah ide-ide bisnis Startup bagi Anda yang sedang mencari ide sebelum mendirikan bisnis startup. Pilih ide yang menurut Anda paling mudah untuk Anda kembangkan sesuai dengan kreativitas Anda. Sekian yang dapat disampaikan, semoga ulasan mengenai contoh bisnis Startup ini dapat menginspirasi Anda. Untuk Bisnis Konvensional juga masih banyak yang bisa di jadikan bahan inspirasi, tapi kedua bisnis tersebut (Bisnis Startup Vs Bisnis Conventional) tidak bisa di pisahkan, karena saling terikat.

Itulah pembahasan dari Moderator tentang Bisnis Startup Vs Bisnis Conventional di LKW, semoga bisa menabahkan wawasan pembaca dan bermanfaat. Saat ini sudah puluhan bahkan ratusan orang bergabung di LKW untuk mendapatkan pengetahuan terkait wirausaha dan perkembangannya. Selain itu, Moderator LKW akan menyapa secara langsung di grup, bersedia menjawab bertanya dan memberikan saran terkait wirausaha. Tidak jarang juga anggota grup diberikan kesempatan berbagi pengalaman dan ilmu pada anggota lainnya. Tertarik menjadi anggota LKW? Klik link https://www.lenmarc.com/faq/frontend/event_single/kuliah-whatsapp-tentang-wirausaha-dari-lempos-gratis dan ini gratis! Kami sadar, ilmu itu mahal, beberapa dari kita yang kurang beruntung mungkin tidak mendapatkan kesempatan mendapatkan ilmu yang cukup. Tapi, di LKW kami bagikan ilmu yang kami punya dengan cuma-cuma alias gratis!, dengan harapan, ilmu yang Kami bagikan bisa bermanfaat bagi anggota, dan lebih luasnya untuk Indonesia terutama di bidang wirausaha. Kami tunggu bergabungnya Anda di LKW, Sukses selalu.