Growth hack: Strategi Marketing untuk Startup



Growth hack: Strategi Marketing untuk Startup

Mengenal istilah growth hack

 

Bagi dunia startup dan entrepreneur modern, growth hack adalah hal penting dalam strategi pengembangan, growth hack merupakan proses eksperimen cepat yang melibatkan jalur-jalur marketing, pengembangan produk, segmentasi penjualan, dan unsur-unsur bisnis lain untuk menemukan cara menumbuhkan produk yang paling efisien. Istilah growth hack sebenarnya masih tergolong baru. Dipopulerkan oleh Sean Ellis pada tahun 2010. Dalam terjemahan bahasa indonesia, istilah growth hacker adalah peretas pertumbuhan, yang pada umumnya dipakai pada industri digital atau startup company.

 

Growth hacker lebih fokus dengan strategi untuk membangun sebuah bisnis, biasanya menetapkan prioritas untuk akuisisi customer dan skala bisnis. Selain itu, mereka juga mengembangkan, menerapkan, dan menguji ide untuk membantu mereka mencapai tujuan mereka.

Strategi growth hacking biasanya dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  1. Mempromosikan bisnis menggunakan sebuah konten, atau pemasaran konten.

  2. Mempromosikan produk di dalam produk atau pemasaran produk.

  3. Membayar kegiatan promosi atau iklan.

 

Alasan growth hack penting untuk startup

 

Dalam beberapa tahun terakhir ini, industri startup berkembang sangat pesat. Hal ini terjadi karena mereka menggunakan growth hack, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, growth hack hanya fokus pada strategi untuk membangun sebuah bisnis dengan proses eksperimen yang cepat yang melibatkan jalur marketing. Sehingga akan lebih efektif dan efisien untuk mengembangkan sebuah bisnis.

 

Dalam konsep growth hacking, ada lima kunci berupa matriks baku yang digunakan, yaitu Acquisition, Activation, Retention, Referral dan Revenue (AARRR).

  1. Acquisition: Bagaimana menggaet konsumen, ini merupakan langkah yang penting karena disini industri startup akan mengetahui apakah pengguna akan tertarik dengan bisnis tersebut atau tidak. Tahap lanjutan dari acquisition adalah mendapatkan pengunjung untuk lebih tertarik di website perusahaan, dengan berlangganan blog, memulai trial, atau follow akun social media 
  2. Activation: Membuat konsumen menggunakan produk atau jasa atau layanan perusahaan. Tahap lanjutan mendapatkan subscribers dan followers, adalah mengubahnya menjadi pelanggan. Pada langkah ini, industri startup mulai mengirimkan email pada konsumen mengenai produk-produk dan layanan yang ditawarkan.
  3. Retention: Bagaimana perusahaan membangun hubungan kerjasama dengan konsumen. Perusahaan harus dapat memastikan bahwa konsumen akan kembali menggunakan produk atau layanan perusahaan di waktu yang akan datang.
  4. Referral: Membuat konsumen mengajak orang lain menjadi konsumen baru (word of mouth). Pada tahap ini, perusahaan sudah menjadikan konsumen sebagai marketer untuk sebuah produk, ini merupakan salah satu strategi marketing yang terkuat untuk menarik lebih banyak konsumen. Karena kebanyakan orang akan lebih percaya jika mereka mendapat saran dari teman atau keluarga dalam memilih sebuah produk atau layanan.
  5. Revenue: Tujuan dari sebuah bisnis adalah untuk mendapatkan sebuah pendapat. Setelah perusahaan sudah mendapatkan konsumen, tentu saja perusahaan sudah dapat menghitung pendapatan yang diperoleh perusahaan dari hasil produk atau layanan perusahaan.

Dalam strategi yang tepat, cepat atau lambat perusahaan akan mencapai kesuksesan. Kini perusahaan LenMarc hadir untuk memudahkan berbagai macam kebutuhan perusahaan dengan menggunakan 7 wonders LenMarc software.Salah satunya adalah Autopospay yang diperuntukkan untuk mengotomasi sistem jual beli konvensional menjadi self service dan mengubah proses bisnis offline konvensional menjadi multi platform yang mampu melayani konsumen baik offline maupun online. Autopospay memiliki unlimited role dan bisa diakses dari Tab, Android, Ipad, Desktop, Mobile, dan Laptop tanpa biaya tambahan.

 

Kesimpulan

Growth hack merupakan proses eksperimen cepat yang melibatkan jalur-jalur marketing, pengembangan produk, segmentasi penjualan, dan unsur-unsur bisnis lain untuk menemukan cara menumbuhkan produk yang paling efisien. Ada lima kunci yang digunakan dalam growth hack : 

  1. acquisition

  2. activation

  3. retention

  4. referral

  5. revenue

Jika membutuhkan informasi seputar program untuk self service dengan menerapkan sistem otomatisasi kami memiliki products Autopospay.

Hubungi WA di 0896 2600 5000 atau klik di https://www.lenmarc.com/detail_produk/autopospay atau live chat kami di https://indogo.id/

 

Exclusive information :

Buy The Application via INDOGO.ID

Use MNC BANK CREDIT CARD GET 0% cicilan selama 6 bulan*

 

 

*S&K berlaku sesuai kebijakan Bank dengan pemilik kartu kredit.