Ide Referensi Dalam Strategi Bisnis Ala BNI 'Chapter Vision': Bikin Ketar Kitir Lawan Bisnis



Ide Referensi Dalam Strategi Bisnis Ala BNI 'Chapter Vision': Bikin Ketar Kitir Lawan Bisnis

 

DETIK60.COM-Kondisi serba tak pasti pada iklim ekonomi saat ini, membuat para pelaku usaha perlu melakukan langkah-langkah inovatif dalam mencari strategi untuk mengembangkan bisnisnya dimana hal ini menjadi salah satu strategi yang dapat dilakukan secara pasif adalah bisnis referal.

Bisnis referal ini telah terbukti efektif menjadi bisnis berprofit secara pasif. 

Business Network International disingkat BNI merupakan suatu organisasi rujukan jaringan bisnis referal dalam kesatuan komunitas dunia yang memiliki cabang di Indonesia.

Organisasi yang bermarkas di North Carolina, Amerika ini telah berdiri semenjak 38 tahun yang lalu dan saat ini telah memiliki 300 ribu anggota pada 78 negara sebagai upaya dalam mewujudkan sistem referal yang efektif BNI membagi anggotanya ke dalam chapter yang berbeda-beda sehingga seluruh anggotanya dapat menjalin relasi yang efektif satu sama lain.

Dalam satu Chapter setiap anggota harus memiliki bidang bisnis yang berbeda-beda ketika ada calon anggota yang ingin bergabung namun memiliki bisnis yang sama dengan anggota yang sudah ada dalam chapter tersebut maka calon anggota ini akan dipindahkan ke chapter lain atau membuat chapter baru.

 

Referal yang ada di BNI bukanlah bisnis MLM, dimana komisi yang akan didapatkan para anggotanya bukanlah berupa materi melainkan relasi antara anggota, dapat dikatakan sistem ini seperti berbagi klien antara anggota. Sistem ini terbukti efektif dan telah menguntungkan banyak anggota dari komunitas ini.

Ini dibuktikan oleh Evlin salah satu anggota dari komunitas BNi yang tergabung dalam chapter vision berhasil launching chapternya bulan Maret lalu dengan jumlah 61 anggota.

Evlin juga mengungkapkan bahwa dirinya merasa sangat puas dengan sistem yang dimiliki oleh BNi ini. Dimana para anggotanya akan tergabung dalam aplikasi, aplikasi ini dapat mengakses ke pemilik usaha dalam bidang lain, disebut dengan BNi Connect, selain itu tidak jarang para pemilik bisnis juga berbagi akan ilmunya kepada anggota lainnya melalui BNi Podcast.

“Sistematisnya oke banget ya, jadi dia ada BNi Connect, BNi podcast, dimana kita sebagai pengusaha bener bener didampingi" ungkap Evlin yang juga menjabat sebagai Network Education Coordinator di BNI chapter Vision.

"Dan ini kebayang ya karena dulu aku kan pertama kali usaha mulai tahun 2008 ya, kalo dari awal kita ber-usaha, dan kita bisa didampingi sama temen temen mentor juga dengan sumber sistematis yang baik, itu kan akan sangat membantu pertumbuhan kita ya.” Ucap Evlin mengungkapkan kepuasannya setelah bergabung dengan BNi Chapter Vision. 

Salah satu yang menarik juga komunitas ini memiliki kepengurusan yang jelas, di dalam setiap chapternya ada divisi dengan tanggung jawabnya masing-masing. BNi memiliki sistem bernama “Power of 1” dimana setiap minggu anggota harus mencari referral yang kemudian menciptakan givers gain antara anggota.

Evlin menjelaskan bahwa untuk dapat bergabung ke dalam komunitas perlu untuk mendapatkan undangan dari anggota yang sudah bergabung dan melakukan beberapa tahap.

"tapi yang pasti saya tahu itu dari invited, ngga bisa asal join," ungkap Evlin.

Tahapan ini perlu dilalui oleh para calon anggota hanya untuk menentukan  bisnisnya akan bergabung pada chapter apa dan untuk mengetahui apakah calon anggota dapat mengikuti sistem yang dimiliki oleh BNI.

 

Saat ini total anggota yang dimiliki BNi Indonesia keseluruhan sebanyak 400 anggota yang sebagian besar merupakan pemilik usaha dari 6 chapter, BNi berharap akan bergabung sebanyak 1000 anggota pada tahun ini.

 

Source : detik60.com