Kenapa kita harus mengerti "Mengapa" tentang diri kita?



Kenapa kita harus mengerti "Mengapa" tentang diri kita?

Sudahkah anda tahu kenapa anda bangun pagi?

Sudahkah anda tahu apa yang akan anda lakukan hari ini dan kenapa?

Diambil dari https://erry-ricardo.com/2020/01/13/memahami-penyampaian-presentasi-menggunakan-golden-circle-dari-simon-sinek/#.YVbbr30xWUk
yang beberapa kami sesuaikan dengan pehaman penulis dan diambil dari hasil Pandemi membuat orang bekerja dari Rumah / Work From Home dan hasil survey membuktikan lebih dari 65% orang memiliki untuk WFH Forever (https://news.wfh.org/now-available-report-annual-global-survey-2017/)

Setujukah anda dengan hal ini? “Orang-orang tidak membeli APA yang Anda lakukan. Mereka membeli MENGAPA Anda melakukannya ”. Jika Anda tidak tahu mantra kecil ini, maka Anda telah melewatkan salah satu TED Talks paling populer sepanjang masa, Simon Sineks … Start with why — how great leaders inspire action”. Simon Sinek percaya bahwa dia tahu rahasia mengapa beberapa ide berkembang, sementara ide lainnya mati. Dia mengatakan para pemimpin dan komunikator yang kuat mulai dengan mengapa. Simon Sinek dengan “Lingkaran Emas (Golden Circle)” menjelaskan teorinya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Lingkaran Emas menjelaskan mengapa beberapa pemimpin dan organisasi menginspirasi tindakan, sementara yang lainnya tidak. Mengapa beberapa bisnis mencapai sukses besar, sementara yang lainnya tidak. Lingkaran emasnya melihat tiga aspek komunikasi – mengapa kita melakukannya (kepercayaan), bagaimana kita melakukannya (tindakan) dan apa yang kita lakukan (hasil).

Mengapa ?
Ketika berbicara tentang peyampaian pesan presentasi, LENMARC adalah pendukung filosofi “naked presenter“ by Garr Reynolds yang mengatakan bahwa penyampaian pesan presentasi yang efektif harus alami, otentik, dan nyata untuk terhubung dengan audiens (salah satu contoh dapat dilihat disini : https://www.youtube.com/watch?v=lQATWT3cyr0&t=52s, bahwa LenMarc mendapat banyak kepercayaan dari Story yang dipadu dengan Solusi yang Terjangkau dan terbukti dapat berdampak dari hasil karya yang dihasilkan oleh para team semenjak tahun 2008, LenMarc bukan yang terbaik tetapi LenMarc adalah satu-satunya yang telah membuktikan ingin terus memberikan yang terbaik.)

Reynolds mengatakan :
Telanjang (being naked) berarti melepaskan semua yang tidak perlu untuk menjadi inti dari pesan Anda. Naked Presenter melakukan presentasi dengan menyampaikan ide-ide kesederhanaan, kejelasan, kejujuran, integritas, dan semangat. Naked Presenter menghadirkan kesegaran tertentu. Gagasan-gagasannya bisa radikal atau tidak. Tetapi, perlu ada “kebaruan” dan kesegaran untuk pendekatannya dan kontennya.

Memahami filosofi presentasi “telanjang (naked)” memberi kita gagasan yang jelas tentang mengapa menyampaikan pidato dengan cara ini. Karena kita dapat sangat terhubung dengan audiens kita jika kita adalah manusia dan jika kita menunjukkan kemanusiaan itu kepada orang lain. Menjelaskan Mengapa adalah penting ketika mendiskusikan, mengajar, atau belajar lebih banyak tentang penyampaian pesan presentasi yang efektif.

Bagaimana?
Jauh lebih mudah untuk menjelaskan bagaimana melakukan sesuatu setelah Anda membuktikannya. Lihatlah kembali Lingkaran Emas Sinek. Mulai dari tengah, inti, dan  memberi orang pemahaman yang jelas tentang gambar yang lebih besar sebelum menangani detail spesifik. Sebagian besar anggota audiens hanya akan terhubung dengan sebuah ide begitu mereka tahu mengapa ide itu penting bagi mereka. Hanya setelah tujuan itu ditetapkan, mereka akan fokus pada pengumpulan lebih banyak informasi tentang bagaimana menjalani tujuan itu dan apa yang harus dilakukan untuk bergerak ke arah yang benar.

Apa?
Sayangnya, seperti yang disebutkan Simon Sinek dalam TED Talk-nya yang terkenal, banyak orang mulai dengan apa. Banyak bisnis fokus pada apa. Jika Anda pernah berada di kelas pelatihan public speaking dengan seorang guru yang memberi kuliah tentang definisi pengucapan versus artikulasi, maka Anda mungkin mengalami kebosanan, apatis, jengkel. Seluruh waktu dari guru itu digunakan untuk menjelaskan definisi pengucapan dan artikulasi. Anda sebagai peserta pelatihan tentu akan bertanya-tanya, “Apa gunanya ini ? Mengapa ini penting ?”. Jadi hanya setelah kita menjelaskan mengapa dan bagaimana, baru kita masuk ke definisi, yaitu : apa.

Ketika Anda berbicara tentang penyampaian pesan presentasi, maka Anda harus menyampaikan mengapa-nya terlebih dahulu, baru kemudian menyampaikan bagaimana-sarana dan metodenya, dan diakhir dengan apa-hasilnya.

Terima Kasih kepada Team IT Maranatha yang selalu mempercayakan 1 sessi Kapita Selekta bagi Team LenMarc untuk selalu memberi arti, menularkan tentang berkarya bukan bekerja, Mengapa Indogo? Untuk Indonesia supaya Maju, sudahkah anda menemukan MENGAPA versi anda dan usaha anda?

Teruslah bergerak karena #PastiSampai
#LenMarc believe #EveryoneIsCEO