LEMPoS Kulwa Commerce - Perkembangan Teknologi



LEMPoS Kulwa Commerce - Perkembangan Teknologi

Bandung, 01 Maret 2019 – Di hari Kamis membahas tentang " Perkembangan teknologi" dan pemateri kita (moderator Kulwa) Ridwan Nur Arifin. Minggu kemarin sudah belajar membuat akun instagram dan marketplace. Marketplace adalah sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko. Tapi apakah tau kekurangan online sendiri ? Tentunya dimana ada kelebihan disitulah ada kekurangan. Kira-kira apa saja ya kekurangan bejualan di marketplace?

1.  Marketplace yang ramai pasti banyak sekali penjual. Kemungkinan besar ada banyak penjual menawarkan barang yang sama, sehingga  seringkali terjadi perang harga akibat tingkat persaingan yang tinggi.

2.  Pelanggan dengan mudahnya pindah ke penjual lain. Mereka akan dengan mudah melihat ke penjual lain dan akhirnya kecantol di tempat lain.

3.  Anda tidak sedang membangun brand dari bisnis jualan online, karena customer seringkali hanya ingat nama website atau perusahaan marketplacenya,  jarang sekali bisa mengingat brand atau nama toko Anda.

4.  Anda tidak punya kontrol terhadap tempat jualan,  karena sebetulnya anda harus mengikuti peraturan jualan di tempat orang lain. Suatu saat, perusahaan marketplace bisa merubah aturan main atau membuat peraturan baru yang tidak menguntungkan, mereka berhak merubah aturan main karena ini adalah tempat mereka,  Anda harus mengikutinya,  jika tidak mau silakan pergi (kasarannya seperti itu)

 

Dan untuk kelebihannya,

1.  Mudah untuk mulai jualan karena sistem dan prasarana sudah disediakan. Penjual relatif tinggal buka akun, upload foto-foto dan keterangan produk. Selesai kemudahan seperti ini sangat disukai oleh orang-orang  yang masih awam.

2.  Marketplace atau pasar yang bagus biasanya sudah ramai pengunjung. Ibarat kalau Anda buka stan di pasar atau di mall yang ramai, selalu ada pengunjung yang nyasar, masuk dan melihat dagangan anda yang akhirnya menjadi customer Anda.

 

Dan adapun kekurangan berjualan di  toko online sendiri,

1. Tingkat kesulitan lebih tinggi dalam membangun toko online sendiri dibanding hanya jualan di marketplace. Seringkali faktor dan kendala teknis inilah yang dijadikan alasan orang sehingga tidak membuat toko online sendiri, tetapi jaman sudah berbeda dibanding 3-5 tahun yang lalu. Sekarang ini sudah semakin banyak alat bantu yang tersedia, untuk memudahkan Anda membangun toko online milik sendiri.

2.  Harus belajar mendatangkan pengunjung ke toko Anda sendiri. Tidak seperti marketplace yang biasanya sudah ramai pengunjung, Anda perlu belajar berbagai cara marketing dan promosi supaya toko Anda bisa ramai.

 3. Pengunjung toko online yang belum pernah belanja dengan anda seringkali ragu karena tidak tahu apakah bisa dipercaya atau tidak.  Mereka khawatir sudah transfer, ternyata barang tidak dikirimkan. Faktor kepercayaan inilah yang merupakan kelebihan marketplace karena transaksi dimediasi oleh perusahaan marketplace.

 

Kelebihan berjualan di lapak sendiri,

1.  Memiliki kontrol sepenuhnya terhadap website atau toko online anda. Tidak ada orang lain yang bisa mengusir atau melarang jualan produk yang anda jual.  Bisa membuat program promo lainnya sesuka hati Anda.

2.  Dengan memiliki website sendiri, domain website sesuai dengan nama toko Anda, otomatis sedang membangun brand toko sendiri, dengan kata lain sedang membangun sebuah aset.

3.  Customer bisa dengan mudah ingat brand/website,  sehingga bisa dengan mudah kembali belanja ke toko Anda lagi.

4. Tidak ada penjual lain di toko Anda, sehingga tidak akan terjadi perang harga. Selain itu customer Anda tidak dengan mudah ‘nyasar’ ke penjual lain seperti yang terjadi di marketplace.

   

 Dari penjelasan yang sudah kita sampaikan diatas mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing (marketplace dan toko online sendiri), apa kesimpulannya? Mana yang lebih baik Anda lakukan? Jawabannya adalah keduanya 

Berikut adalah tahapan yang disarankan untuk anda lakukan :

1.  Membangun toko online sendiri, karena Anda perlu membangun brand dan aset yang Anda kontrol sepenuhnya. Gunakan alat bantu yang bisa memudahkan Anda membuat toko online.

2.  Promosikan toko online Anda melalui berbagai strategi online marketing seperti iklan di Google, Facebook, Instagram dll.

3.  Berjualan di marketplace yang ramai, hal ini biasanya lebih masuk akal dilakukan jika Anda, menjual barang hasil produksi Anda sendiri memiliki akses harga yang relatif rendah terhadap sebuah produk dibanding pesaing di marketplace.

4.  Pembeli yang Anda dapatkan di marketplace, diarahkan untuk datang melihat dan membeli produk-produk lainnya melalui website toko online Anda sendiri.

Dengan diadakannya Kulwa akan banyak menambah ilmu yang telah di berikan pemateri diharapkan bisa bermanfaat. Kulwa Commerce diadakan setiap hari kamis pada pukul 19.00-20.00 selesai.

 Oiyaaa Sedikit informasi nih buat kalian yang mau ikut gabung bersama kita di Kulwa bisa hubungi langsung team kami ya 0896 9260 0500