Punya Produk Baru tetapi Bingung Cara Mempromosikannya?? Inilah 10 Tips Cara untuk Mempromosikan Produk atau Layanan Baru



Punya Produk Baru tetapi Bingung Cara Mempromosikannya?? Inilah 10 Tips Cara untuk Mempromosikan Produk atau Layanan Baru

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda pasti tahu sulitnya mempromosikan produk baru  tersebut. Anda mungkin menawarkan produk atau layanan baru terbaik di dunia, tetapi jika Anda mempromosikannya dengan cara yang tidak tepat, justru yang terjadi adalah kehilangannya peluang untuk kemajuan bisnis anda. Berikut adalah beberapa cara kreatif untuk mempromosikan layanan atau produk baru untuk bisnis kecil Anda.

Cara Mempromosikan Produk atau Layanan Baru

Ketika mempromosikan produk atau layanan baru bisnis Anda, sepertinya ada banyak pilihan. Mungkin sulit untuk mengetahui memulainya dari mana dan metode promosi mana yang akan memberikan hasil terbaik untuk usaha anda. Faktanya  adalah begitu banyak cara untuk mempromosikan bisnis Anda, dan keberhasilan tergantung pada jenis bisnis Anda. Berikut adalah 10  cara untuk mempromosikan layanan atau produk baru untuk bisnis Anda.

1. Memberikan Penawaran Eksklusif Kepada Pelanggan Setia

Pelanggan setia adalah bagian yang penting dari promosi produk baru Anda, karena mereka kemungkinan besar adalah orang pertama yang akan membelinya. Berikan penawaran eksklusif kepada pelanggan setia anda, dapat berupa penawaran khusus, harga pre launching, penawaran  online, atau kupon khusus untuk menguji produk atau layanan terbaru Anda. Penawaran eksklusif ini akan membuat pelanggan setia anda merasa puas dan membuat mereka kembali lagi untuk membeli produk atau pelayanan anda.

2. Kontes Media Sosial

Kontes, hadiah, dan undian adalah alat yang sangat populer di kalangan Marketer  Profesional. Mengapa? Marketer tahu bahwa kontes media sosial sangat efektif. Kontes media sosial adalah cara yang menyenangkan dan mudah untuk terhubung dengan pelanggan dan membawa lebih banyak penggemar untuk platform media sosial Anda. Misalnya, kontes Facebook yang sederhana, mengumpulkan rata-rata 34% penggemar baru per campaign. Itu sangatlah efektif, mengingat jangkauan organik  yang begitu rendah di Facebook.

Give away Instagram memberi pelanggan peluang eksklusif untuk menjadi orang pertama yang mendapatkan produk baru Anda  secara gratis.  Hadiah ini dapat dipasarkan di seluruh saluran media sosial Anda dan melalui email. Jalankan give away Instagram untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung , perkenalkan bisnis anda kepada pelanggan baru, dan buatlah para pengunjung anda  merasa senang terhubung dengan anda.

3. Pemasaran Email

Tahukah Anda bahwa 82% konsumen membuka email  karena bisnisnya, dan 44% penerima email setidaknya melakukan satu pembelian pertahunnya berdasarkan email promosi? Pemasaran email melalui buletin/newsletter adalah kendaraan yang fantastis untuk iklan, dan merupakan salah satu cara terbaik untuk mempromosikan layanan atau produk baru.

Newsletter email memungkinkan Anda untuk dengan mudah berbagi berita tentang produk, foto, dan informasi Anda kepada pelanggan. Disinilah, anda dapat menawarkan diskon atau promosi eksklusif, ini merupakan cara yang bagus untuk "terjadi kesepakatan" sehingga dapat terjadi percakapan, dan ini merupakan jalan untuk terjadinya transaksi. 

4. Iklan Facebook

Dengan 1,44 miliar pengguna aktif bulanan, Facebook adalah akses menuju pasar yang sangat besar. Itulah sebabnya iklan Facebook adalah alat pemasaran yang sangat efektif. Facebook sangat berguna dalam penargetan audiens  secara ringkas, karena pengumpulan data  untuk bisnis di Facebook dapat di targetkan berdasarkan jenis kelamin, usia, lokasi, minat, dan banyak lagi. Anda juga dapat memilih  jenis iklan yang Anda inginkan, dan Anda juga dapat dengan mudah mengatur anggaran iklan Anda dengan membuat batasan pada berapa banyak yang ingin Anda jangkau setiap hari atau setiap bulan.

5. Promosi Dalam Toko

Bisnis dengan brick and mortar memiliki peluang tambahan untuk mempromosikan produk atau layanan baru di dalam toko. Jika Anda ingin tahu cara mempromosikan produk Anda di studio atau toko Anda, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memberi orang alasan untuk pergi ke toko Anda.

Selain memiliki logo dan signage yang menarik, Anda dapat mempromosikan produk atau layanan baru Anda di toko dengan sign dan materi promosi di dalamnya. Tawarkan diskon eksklusif di dalam toko, seperti beli satu gratis satu atau persenan diskon. Anda juga dapat menawarkan secara eksklusif produk anda yang tersedia di toko ritel Anda. Apa pun promosi Anda, pastikan untuk menekankan bahwa promo tersebut tidak akan bertahan lama. Pelanggan yang daya belinya terbatas, baik berdasarkan waktu atau inventaris, merasakan urgensi yang lebih mendesak untuk membeli produk Anda.

6. Tuan Rumah Untuk Demo Produk baru

Cara lain untuk menarik dan mengarahkan orang agar menegtahui produk baru Anda adalah menjadi tuan rumah acara atau open house di bisnis Anda. Demo Produk adalah cara yang bagus untuk membuat orang mengenal bisnis Anda, dan membuat mereka lebih cenderung menjadi pelanggan. Acara tidak harus mewah dan super terorganisir; sesuatu yang sederhana seperti open house atau sesi info akan berfungsi untuk lokasi seperti salon, pusat kebugaran, studio yoga, spa, dan toko ritel.

Jika bisnis Anda berada di lokasi dengan bisnis lokal lainnya, Anda dapat bekerja sama untuk melakukan pejualan bersama atau open house terbuka agar menarik lebih banyak orang lagi. Ini adalah cara yang bagus untuk mempromosikan produk atau layanan baru yang Anda tawarkan.

7. Tawarkan Upgrade atau Tukar Tambah

Jika bisnis Anda lebih berbasis layanan daripada berbasis produk, seperti salon, spa, pusat kebugaran, atau bisnis konsultasi, Anda dapat menawarkan peningkatan bagi pelanggan untuk mencoba layanan baru Anda. Menawarkan facial atau pijat baru di spa Anda? Berikan upgrade gratis untuk pelanggan yang sudah ada untuk mencobanya! Memperluas layanan konsultasi Anda? Tawarkan layanan yang diperluas kepada klien yang loyal sehingga mereka dapat melihat perbedaannya!

Jika produk baru Anda, pada kenyataannya, merupakan upgrade dari yang lebih lama, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat promosi tukar tambah. Promosi dagang terbukti efektif karena memberi insentif kepada konsumen untuk membeli produk baru menggunakan token atau kredit yang sudah mereka miliki (produk yang mereka miliki). Anda juga dapat menjual kembali produk tukar tambah lama, asalkan dalam kondisi cukup baik, atau menggunakannya untuk hadiah di masa mendatang.

8. Bagikan Ulasan Pelanggan

Salah satu cara terbaik untuk mempromosikan produk atau layanan baru adalah dengan membiarkan pelanggan berbicara untuk Anda dengan berbagi ulasan. Jika Anda memanfaatkan beberapa ide yang disebutkan sebelumnya dan menawarkan peningkatan atau penawaran gratis kepada pelanggan, minta mereka untuk meninjau layanan atau produk baru secara online atau untuk memberikan kesaksian bagi Anda untuk dibagikan. Orang-orang akan lebih tertarik untuk mendaftar atau mencobanya jika ada ulasan menarik dari pelanggan lain.

9. Bagikan di Media Sosial

Cara lain untuk mempromosikan produk dan layanan baru adalah dengan mengumumkan dan membagikannya di media sosial. Jika Anda menggunakan taktik yang disebutkan di atas, pastikan untuk membagikannya di media sosial, termasuk: acara eksklusif pelanggan, open house, peluang pertukaran atau peningkatan, hadiah, ulasan pelanggan, dan foto. Jika Anda menemukan bahwa pelanggan memposting di situs media sosial seperti Facebook dan Instagram, pastikan untuk membagikan foto-foto itu dengan pengikut Anda sendiri untuk menarik orang untuk mencoba layanan atau produk baru Anda!

10. Membangun Kemitraan

Ketika bisnis ingin besar tidak bisa dijalankan sendiri. Karena jika jika sendiri, ide yang muncul pun terbatas. Kita bisa membangun Afiliasi/Kemitraan dengan rekan yang mungkin bisa membentuk satu rantai bersama. Mitra adalah faktor yang cukup penting dalam dunia bisnis. Adanya mitra bisnis bisa membawa angin segar dan juga dapat menyelamatkan kondisi bisnis anda. Dengan adanya mitra dalam bisnis anda dapat membentuk saluran distribusi langsung kepada konsumen.  Pemilihan mitra usaha ini umumnya didasarkan kepada pertimbangan-pertimbangan ekonomis yang saling memberikan keuntungan.

 

Jika Anda memiliki produk atau layanan baru yang ingin Anda promosikan, cobalah salah satu dari 10 ide ini untuk bisnis Anda. Jika Anda berhasil, mulailah dengan menata pembukuan usaha agar lebih teratur, karena banyak beberapa usaha yang awalnya berhasil tetapi gagal karena urusan keuangan yang tidak beres.

VenaPoS hadir sebagai solusi pembukuan usaha anda. Menu nya lengkap mulai dari manajemen stok, omzet laba rugi, accounting, strategi harga konsumen, membership dan masih banyak lagi. 

Coba demo gratis VenaPos sekarang juga  https://www.venapos.com/campaign/

Konsultasi via WA 089626005000