Webinar Pebisnis Retail : Kupas 5 Rahasia Bisnis Naik Level Bersama INDOGO



Webinar Pebisnis Retail : Kupas 5 Rahasia Bisnis Naik Level Bersama INDOGO

Indonesia adalah negara yang pertumbuhan ekonominya didominasi oleh UMKM. Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop), tim riset menyebut mayoritas atau 99% bisnis di Indonesia berada di level UMKM. UMKM sendiri berkontribusi sebesar 61,9% terhadap total produk domestik bruto (PDB) dan menyerap sekitar 97% tenaga kerja lokal. Ini artinya banyak di antara pengusaha di Indonesia yang masih berada di level UMKM dengan penerimaan antara 50.000.000 rupiah sampai 50 miliar rupiah per tahun. Mereka memulai usaha di berbagai bidang seperti FnB atau Kuliner (Food and Beverage), misalnya jualan gorengan di pinggir jalan, membuka restoran atau outlet makanan. Ada juga bisnis di bidang Retail dan Distributor seperti membuka toko kelontongan. Di bidang tekstil dan fashion, contohnya di Kota Tasikmalaya, terdapat sentra bordir se-Indonesia yang lokasinya ada di Kecamatan Kawalu. Selain itu, ada juga bisnis di bidang agrikultur dan toko emas serta berlian.

Namun, semua bisnis termasuk UMKM juga memiliki tantangan besar. Dilansir dari kumparan.com, ada beberapa faktor utama mengapa UMKM sulit untuk berkembang, di antaranya pengetahuan terbatas, pemasaran kurang, akuntansi yang buruk, dan kemampuan teknologi yang rendah.

Dengan besarnya potensi pengembangan UMKM di Indonesia dan tantangan yang dihadapi para pelaku usahanya, PT Lenmarc Exa Abadi Digital memposisikan dirinya sebagai problem solver dan perintis yang membantu banyak pengusaha di level UMKM dalam menyelesaikan masalah-masalahnya. Sampai sekarang, produk back office dari PT LEAD INDOGO seperti SPEED LemPOS sudah membantu banyak customer retail.

Saat ini, INDOGO akan mengadakan Webinar untuk Para Pebisnis Retail dan Distributor: "Kupas 5 Rahasia Bisnis Naik Level bersama INDOGO," yang merupakan langkah persuasif INDOGO dalam mendukung pelaku UMKM retail dan distributor untuk naik level. Webinar ini akan dipandu oleh Evlin MFV S.Kom, MBA, CPC, Master Business Automation, dan CEO Indogo.id. Di antara tujuan yang ingin dicapai dari webinar ini adalah membantu pelaku retail untuk mengetahui keahlian karyawan hanya dalam waktu 2 menit, menghemat waktu operasional pebisnis dengan automasi, dan memberikan fundamental bisnis. Webinar INDOGO ini membantah bahwa bisnis untuk naik level itu sulit dan mahal. Semua bisnis, bahkan yang berada di level UMKM, sebenarnya bisa naik level.

Kami mengadakan webinar ini dengan berkolaborasi bersama komunitas UMKM, yaitu infoumkm.id, agar target yang dituju tepat sasaran. Materi yang akan disampaikan berupa pengetahuan tentang pentingnya strategi ERP dalam bisnis, back office, dan digital marketing. Ini tentunya sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM retail agar bisa lebih melek dengan perkembangan zaman yang identik dengan teknologi. Webinar ini akan dilaksanakan pada hari Senin, 25 Juli 2024, online via Zoom. Para pelaku usaha diharapkan bisa mengikuti karena webinar ini senilai puluhan juta yang bisa diakses dengan hanya 149 ribu rupiah. Jangan sampai ketinggalan kesempatan berharga ini. Segera daftar di [https://bit.ly/IndogoKupasRahasiaBisnis](https://bit.ly/IndogoKupasRahasiaBisnis)!