10 Tugas Admin Marketing yang Perlu Diketahui



10 Tugas Admin Marketing yang Perlu Diketahui

Menurut Zippia, admin marketing atau marketing administrator memiliki peran penting dalam mengelola operasional pemasaran perusahaan.

Admin marketing adalah seseorang yang melakukan pencatatan penjualan, mengunggah produk, merangkum pesanan, dan melayani pembeli yang ingin melakukan pemesanan. Selain itu, Admin Marketing juga melakukan tindak lanjut atau followup untuk meningkatkan penjualan. Tugas Admin marketing harus mempersiapkan dan menyediakan kebutuhan administratif bagi tim sales dan marketing sesuai SOP perusahaan.

Admin marketing juga memiliki peran yang krusial dalam mengelola strategi pemasaran promosi produk maupun jasa di perusahaan atau organisasi. Mereka bertanggung jawab untuk mempromosikan produk dan layanan perusahaan di pasar, serta meningkatkan popularitas merek melalui platform media digital.

Tugas admin marketing juga meliputi membantu tim kreatif dalam merancang kampanye iklan, konten digital, dan materi pemasaran lainnya guna meningkatkan kesadaran merek. Tugas admin marketing yang lainnya adalah berinteraksi langsung dengan pelanggan, menjawab pertanyaan, mengatasi keluhan, dan melakukan tindak lanjut untuk meningkatkan penjualan.

Mereka juga dapat membantu dalam mengidentifikasi peluang bisnis baru dengan menganalisis tren industri dan permintaan konsumen, bekerja sama dengan tim pengembangan bisnis untuk menciptakan sumber pendapatan baru bagi perusahaan.

Dalam kesimpulannya, tugas admin marketing memiliki peran yang penting dalam mendukung operasional pemasaran perusahaan seperti membantu dalam administrasi, promosi produk dan layanan, meningkatkan popularitas merek melalui media digital, dan bekerja sama dengan tim kreatif serta pengembangan bisnis.

Dengan pemahaman yang baik tentang peran ini, pekerjaan admin marketing dapat menjadi aset berharga bagi perusahaan dalam mencapai kesuksesan pemasaran.

Lalu, bagaimana peluang kerja atau prospek kerja jika ingin memulai karier sebagai seorang Admin Marketing?

Bagaimana Peluang Bekerja Sebagai Seorang Admin Marketing?

Peluang menjadi Admin Marketing sangatlah besar. Di era digital ini, perusahaan termasuk INDOGO juga membutuhkan admin marketing yang dapat mengelola kegiatan administrasi secara online.

Peluang kerja sebagai admin marketing menawarkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan audiens dan terlibat dalam proses penjualan. Dapat berkomunikasi langsung dengna konsumen menjadi hal yang menyenangkan namun juga menantang karen perlu mencapai target yang ditetapkan perusahaan.

Jika Anda merasa tertarik untuk bekerja sebagai seorang admin marketing, ada beberapa tugas yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk mengambil peluang atau kesempatan berkarier sebagai admin marketing.

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Marketing adalah :

1.   Membuat Laporan Transaksi Penjualan
Berhubungan dengan administrasi, tugas admin marketing yang pertama adalah mengurus data penjualan perusahaan, termasuk memeriksa dan mengecek status serta data penjualan secara teliti.

Anda juga harus rutin menginput data setiap harinya untuk pengarsipan. Selain itu, juga perlu melakukan followup terhadap orang-orang yang belum membayar atau yang tidak terdaftar dalam sistem, mungkin karena ada masalah teknis.

2.   Pengecekan Ulang Hasil Input Data
Dalam menginput data, seringkali terjadi kesalahan. Oleh karena itu, sebagai admin marketing, Anda harus menelaah dan melakukan pengecekan kembali terhadap data yang telah Anda input agar menghindari kesalahan.Setiap kesalahan, sekecil apapun, dapat berpengaruh pada perhitungan penjualan dan pelayanan penjualan secara keseluruhan.
Pengecekan ulang dapat dilakukan dengan membandingkan invoice yang diterima dari konsumen dengan data yang Anda input ke sistem. Jika terdapat perbedaan, maka ada kesalahan dalam input data.

3. Menyusun LaporanTugas admin marketing yang selanjutnya adalah menyusun laporan, seperti faktur atau invoice penjualan, yang biasanya dibuat pada akhir bulan. Selain itu juga perlu melaporkan hasil rekapan transaksi per periode, seperti per minggu atau per bulan.Admin Marketing harus mendistribusikan invoice kepada divisi keuangan untuk dilaporkan dan membantu supervisor admin dalam penyusunan laporan.

4. Membuat Pengarsipan dan Kegiatan Administrasi Lainnya
Tugas admin marketing berikutnya adalah membuat pengarsipan dan mengelola kegiatan administrasi perusahaan.Setelah melakukan penginputan data, Anda harus merekap dan mengarsipkan data tersebut secara rapi, terorganisir, dan sistematis. Tujuannya adalah untuk memudahkan pencarian data ketika dibutuhkan secara mendadak atau darurat.Admin marketing juga bertanggung jawab dalam mengelola kegiatan administrasi perusahaan, seperti memenuhi kebutuhan kantor, termasuk pengadaan alat tulis kantor yang diperlukan.

5. Mengelola Database Konsumen
Database pelanggan atau konsumen merupakan aset penting bagi perusahaan.Sebagai seorang admin marketing, Anda harus mampu mengelola database konsumen dengan baik. Data tersebut sangat penting untuk keberlangsungan perusahaan, terutama dalam promosi dan penjualan. Di INDOGO, Admin Marketing dapat terbantu dengan adanya sistem yang telah dikembangkan, salah satunya adalah LENMARS. LENMARS adalah panel marketing yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan marketing.

6. Melakukan Promosi dan Direct Mail
Unutk melakukan promosi, Admin Marketing dapat menggunakan berbagai platform seperti  WhatsApp, email, Instagram, dan sebagainya. Promosi yang dilakukan meliputi penawaran terbaru dari perusahaan untuk menarik minat pelanggan dalam membeli produk perusahaan .

Cara lainnya juga dapat membuat direct mail dalam bentuk penawaran produk. Biasanya, email marketing digunakan untuk penawaran ini, yang cenderung lebih profesional daripada promosi di media sosial.

Direct mail juga berguna untuk menarik pelanggan yang belum melakukan pesanan agar menjadi pelanggan setia dengan memesan produk yang ditawarkan secara khusus. Penawaran juga dapat diberikan kepada pelanggan lama agar tetap loyal terhadap produk dan bisnis perusahaan.

7. Mengelola Proses Penjualan
Selain melakukan promosi, admin marketing juga terlibat dalam proses penjualan baik secara aktif maupun pasif.Tugas ini meliputi menerima pesanan, mencatat transaksi, memeriksa stok barang, mencetak pesanan, dan mendistribusikannya ke bagian produksi. Admin marketing juga perlu melakukan koordinasi dengan tim ekspedisi dan tim gudang dalam proses pengiriman barang pesanan.

8. Mengupload Produk di Toko Online

Jika perusahaan memiliki toko online, salah satu tugas admin marketing adalah mengupload produk yang akan dijual ke toko online tersebut. Produk dapat diunggah ke website perusahaan, marketplace, atau media sosial perusahaan lainnya.

9. Melayani Chat Konsumen

Sebagai admin marketing, tugas Anda adalah melayani chat konsumen. Seorang Admin Marketing perlu  merespons chat terkait pesanan produk, kendala, atau pertanyaan yang diajukan oleh konsumen.

Chat konsumen biasanya diterima melalui berbagai platform, seperti WhatsApp, Instagram, website, atau marketplace atau media lainnya Dalam melayani konsumen, Anda diharapkan dapat memberikan respon yang cepat agar penilaian konsumen terhadap pelayanan admin baik.

10. Memberikan Penjelasan Produk

Sebagai bagian dari edukasi konsumen tentang produk, admin marketing bertanggung jawab untuk memberikan penjelasan detail mengenai informasi produk, termasuk manfaat, fitur, harga, dan promosi diskon yang tersedia. Dalam hal ini Admin marketing juga dapat menyiapkan Product Knowledge atau video tentang product tersebut apabila diperlukan.

Dengan penjelasan yang jelas, konsumen dapat langsung melakukan pemesanan jika tertarik dengan produk tersebut. Selain tugas dan tanggung jawab di atas, admin marketing juga dapat melakukan tugas lain seperti:

·         Pemeriksaan dokumen

·         Persiapan dokumen keluar untuk penawaran proposal

·         Distribusi dokumen dari dan ke departemen lain

·         Mengurus dokumen penjualan seperti nota penjualan

·         Surat jalan marketing, faktur, dan lain sebagainya

·         Bertanggung jawab dalam input data laporan dari tim marketing

·         Mengecek kecocokan laporan penjualan dengan administrasi sistem

·         Mengecek nominal uang masuk atau setoran dari tim marketing apakah sesuai dengan sistem

·         Menyusun laporan biaya operasional

·         Memperbarui laporan barang yang terjual

·         Membuat laporan pembukuan sederhana

·         Menyiapkan dokumen untuk penagihan kepada klien

·         Menyiapkan administrasi untuk media promosi

·         Mengupload produk terbaru

·         Memberikan informasi tentang produk terbaru kepada tim marketing

·         Mengarsipkan database klien

·         Melakukan penagihan pembayaran yang jatuh tempo kepada klien

·         Mengurus hubungan dengan klien melalui email, surat, atau telepon

 

Keterampilan yang Harus Dimiliki Seorang Admin Marketing

Untuk menjadi seorang admin marketing, terdapat beberapa keterampilan dan keahlian yang diharapkan oleh perusahaan. Berikut ini adalah beberapa kualifikasi atau skill serta pengalaman kerja yang diinginkan untuk posisi ini:

·         Mengenal dan mahir dalam menggunakan Microsoft Excel, Google Spreadsheet, maupun sistem atau aplikasi lain yang diperlukan.

·         Memahami pengolahan data numerik dan angka dengan baik

·         Efisien dalam bekerja dan mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru

·         Mampu mengoperasikan teknologi dengan baik dan tidak kesulitan dalam penggunaan perangkat digital

·         Teliti, tidak terburu-buru, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, bersikap profesional, dan cekatan dalam menjalankan tugas

·         Memahami prinsip-prinsip administrasi secara umum

·         Mengerti dan memiliki pengetahuan mengenai pengarsipan data

·         Memiliki kemampuan komputasi dan penginputan data yang baik

·         Mampu bekerja di bawah tekanan dan menghadapi tantangan dengan baik

·         Bersedia membantu divisi lain dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan

 

Bagaimana Kualifikasi Seorang Admin Marketing?

Untuk memenuhi ekspektasi yang tinggi, perusahaan biasanya mencari admin marketing dengan kualifikasi yang baik. Admin marketing harus memiliki keterampilan interpersonal yang baik, teliti, kreatif, dinamis, multitasking dan memiliki pengalaman riset pasar.

Selain itu, Admin marketing juga perlu memahami prinsip pemasaran dan manajemen kantor, kemampuan mengoperasikan komputer, menggunakan Microsof Office, maupun perangkat lunak dan aplikasi lainnya yang diperlukan masing-masing perusahaan.

Selain itu, disiplin, teliti, jujur, dan bertanggung jawab juga merupakan sifat yang diinginkan. Meskipun latar belakang pendidikan, seperti ilmu komunikasi, marketing, atau bisnis sering menjadi persyaratan, beberapa perusahaan juga membuka kesempatan bagi pelamar dengan background pendidikan lain.

Di INDOGO percaya bahwa setiap orang memiliki natural dan kemampuan masing-masing. Sehingga posisi Admin Marketing di INDOGO bukan  berdasarkan latar belakang pendidikan dari seseorang.

Berapa Perkiraan Gaji Jika Berkarier Sebagai Admin Marketing?

Setelah mengetahui berbagai tugas, tanggung jawab dan kualifikasi, tentu kita yang ingin menjadi seorang Admin Marketing penasaran dengan kisaran salary yang akan didapatkan.

Di INDOGO, salary  yang didapatkan oleh seorang Admin Marketing tergantung dari UMK dan juga kemampuan seorang Admin Marketing. Selain gaji, juga terdapat komisi sebesar 5% yang bisa didapatkan tim Marketing dari setiap deal yang didapatkan.

Sehingga jika dihitung kembali, penghasilan yang didapatkan tentu akan lebih besar bahkan bisa saja melebihi gaji yang didapatkan.

Apa Saja Langkah-langkah Untuk Menjadi Seorang Admin Marketing?
1. Menyelesaikan Pendidikan Sarjana

Untuk posisi entry-level dalam admin marketing, umumnya diperlukan gelar associate. Namun, untuk posisi manajemen tingkat menengah, seorang admin marketing biasanya membutuhkan gelar sarjana. Jurusan yang relevan untuk calon admin marketing meliputi seni komunikasi, pemasaran, periklanan, dan hubungan masyarakat.

Melalui pendidikan tersebut mereka akan dilatih dalam keahlian memasarkan dan membangun koneksi bagi perusahaan atau bisnis. Jurusan administrasi bisnis juga dapat menjadi pilihan yang baik.

2. Memperoleh Pengalaman Kerja

Pekerjaan entry-level dan magang dapat ditemukan di perusahaan yang bergerak dalam bidang media, barang, dan jasa. Posisi ini biasanya melibatkan tugas-tugas seperti membuat buletin mingguan atau surat elektronik untuk daftar klien perusahaan, mengembangkan kampanye iklan untuk publik, dan bekerja dengan tim media untuk merancang proyek baru. Beberapa perusahaan mungkin juga memiliki persyaratan khusus, seperti pengalaman kerja sebelumnya dalam desain grafis, untuk calon admin marketing.

3. Bergabung dengan American Marketing Association (AMA)

American Marketing Association (AMA) adalah organisasi yang menawarkan keanggotaan bagi para profesional di bidang pemasaran.Bergabung dengan AMA dapat membantu admin marketing dalam mengembangkan karir mereka dan tetap terinformasi tentang perubahan yang dapat mempengaruhi industri pemasaran.Melalui konferensi yang diadakan oleh AMA, anggotanya dapat membangun jaringan dan hubungan dengan rekan kerja dalam industri pemasaran.

4. Meningkatkan Pendidikan dan Karier

Mengambil gelar master dalam administrasi bisnis dan pemasaran dapat meningkatkan peluang karir seorang admin marketing. Pada tingkat master sering mencakup riset pasar, perilaku konsumen, dan pemasaran internasional. Lulusan akan memiliki keterampilan kepemimpinan dan pengetahuan teoritis yang diperlukan untuk mengambil peran yang lebih penting dalam perusahaan. Mereka juga dapat memenuhi syarat untuk promosi menjadi manajer pemasaran atau direktur. Tugas-tugas pekerjaan yang lebih tinggi mungkin termasuk menganalisis strategi pemasaran dan produk, melakukan riset untuk produk baru, dan melaksanakan program promosi.

 

Secara singkat, untuk menjadi seorang admin marketing, biasanya diperlukan gelar sarjana dalam pemasaran, seni komunikasi, atau bidang terkait, serta pengalaman kerja dengan perusahaan yang bergerak di bidang media, barang, atau jasa.

Bagaimana? Apakah kini sudah memahami apa saja tugas dan tanggung jawab seorang Admin Marketing? INDOGO membuka peluang untuk menjadi bagian dari tim Marketing. Yuk, isi formnya di https://bit.ly/rekrutmenPTLEAD

Follow instagram INDOGO.id di https://instagram.com/indogo.id

Salam INDOGO!
Everyone is C.E.O!!
(Chief Examples of Others)
Marilah kita menjadi contoh dimanapun kita berada untuk membantu negara Indonesia tercinta.