Apa itu API?



Apa itu API?

Apa itu API?

API atau Application Programming Interface adalah sebuah interface yang dapat menghubungkan aplikasi satu dengan aplikasi lainnya. Jadi, API berperan sebagai perantara antar berbagai aplikasi berbeda, baik dalam satu platform yang sama atau lintas platform.

Perumpamaan yang bisa digunakan untuk menjelaskan API adalah seorang pelayan di restoran. Tugas pelayan tersebut adalah menghubungkan tamu restoran dengan juru masak. Tamu cukup memesan makanan sesuai daftar menu yang ada dan pelayan memberitahukannya ke juru masak. Nantinya, pelayan akan kembali ke tamu tadi dengan masakan yang sudah siap sesuai pesanan.

API memungkinkan 2 aplikasi saling berhubungan dengan AUTO, sehingga pelayan adalah sistemnya / pelayannya / transporternya.

Dengan adanya API dimungkinan PROGRAM BACK OFFICE bisa terhubung dengan Toko Online atau bahkan marketplace pedahal penyedianya adalah perusahaan yang berbeda.

Perumpamaan lainnya, dengan adanya API dua rumah yang berbeda bisa saling terhubung tanpa perlu buka gembok rumah. Jadi API seperti penghubung, secara sistem seperti jalur khusus yang diberikan dari 2 belah pihak ijin authorisasinya.

Secara efisiensi kerja, dengan adanya API kita tidak perlu lagi pelayan dan orang yang buka gembok untuk saling berkunjung.

Dalam sisi keamanan, API bukan berarti sembarang masuk, tetapi API adalah ijin untuk seseorang berkunjung ke suatu tempat dengan limitasi akses jadi bukan seluruhnya.

Contoh secara data Marketplace, misalnya kita punya data barang, stok, harga, konsumen, ekspedisi di Marketplace dan Back office kita, dengan adanya API memungkinkan kita mengambil data toko kita tersebut secara AUTO tanpa orang yang kerja jika memang Back Office dengan Pihak Marketplace telah memiliki ijin komunikasi tapi kita tidak bisa melihat data lainnnya, seperti total pembeli di seluruh marketplace tersebut.

Secara gampang, seringkali POS dan BACK OFFICE memiliki akses terpisah, karena BACK OFFICE adalah private dimana POS semi public, dengan adanya API kita bisa tarik seluruh data penjualan kita ke BACK OFFICE secara AUTO per rentang waktu yang diinginkan.

Perlu Program BACK OFFICE dengan API?
LenMarc.com memiliki lebih dari 175 produk INSTANT SIAP pakai untuk membantu urusan BACK OFFICE anda dari kelas POS, INVENTORY, sd ERP, Accounting, Toko Online, dan Integrasi Marketplace.
Perlu Productivity TOOLS untuk marketing sales? LenMarc.com punya LENMARS! :)

di LenMarc.com Semua ada solusinya.

Contoh API

Berikut contoh API yang populer dalam penggunaan di website dan aplikasi:
1. API Qantas

Banyak maskapai penerbangan yang menyediakan API. Salah satunya, Qantas. Perusahaan transportasi asal Australia ini memungkinkan Anda melakukan pemesanan tiket di website resmi mereka. Namun, mereka juga menyediakan API untuk aplikasi atau website lain.

API yang disediakan berisi data untuk pemesanan tiket pesawat bagi platform lain. Contohnya, jadwal keberangkatan pesawat, jumlah kursi tersedia, hingga harga tiket.
contoh API expedia

Salah satu aplikasi yang menggunakan API tersebut adalah Expedia. Ketika Anda melakukan pencarian tiket di tanggal dan tujuan tertentu, informasi dari Qantas akan muncul jika sesuai kriteria.
2. API Google Maps

Google Maps menyediakan API berisi data berupa peta. Fitur dari Google Maps memungkinkan untuk menampilkan lokasi pengguna hingga jarak dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Bahkan, bisa saja ada pengembangan fitur lain ke depannya.

Nah, ketika Gojek, misalnya, menggunakan API Google Maps, semua fitur di atas bisa digunakan di aplikasi mereka. Hal ini tentu akan memudahkan mendapatkan lokasi akurat yang berguna bagi penumpang dan pengemudi. Selain itu, akan lebih mudah bagi penentuan tarif berdasarkan jarak tempuh sesuai data yang diterima dari Maps.
3. API Facebook

Facebook juga menyediakan API. Sebagai sebuah platform media sosial tentunya Facebook memiliki data akun pengguna, seperti postingan, data pembayaran, games dan lain-lain.

Dalam penggunaannya, Anda bisa menampilkan profil facebook atau fanspage Anda di website tersebut. Dengan begitu, profil Anda akan lebih dikenal oleh pengunjung.

Nah, Anda pasti sudah mulai paham tentang API karena cukup banyak yang telah Anda pelajari. Mulai dari pengertia, cara kerja dan contohnya. 

API terbukti dapat membantu pengembangan website menjadi lebih baik secara lebih mudah, carilah perusahaan yang memiliki API ini saat anda investasi BACK OFFICE anda.
Dan LenMarc bisa!