Rekomendasi Memilih Printer Barcode Untuk Retail



Rekomendasi Memilih Printer Barcode Untuk Retail

Bandung, 21 Maret 2019 – Printer label atau biasa dikenal dengan nama printer barcode merupakan mesin khusus untuk mencetak label pada kertas berupa gulungan ataupun roll. Memilih printer barcode yang cocok memang tidak mudah, banyak hal akan jadi pertimbangan dalam memilih, apalagi jika pengetahuan tentang macam – macam printer dan keunggulan masing – masing produk masih sedikit. Di pasaran sudah banyak tersedia macam – macam printer dengan berbagai merk dan type.

Penerapan sistem barcode dapat menjadi bagian penting dari setiap bisnis yang sukses. Karena mempermudah pekerjaan retailer, manajemen, dan karyawan. Dengan sistem barcode, mempermudah dalam manajemen persediaan (Inventory), hanya dengan menggunakan scanner, perhitungan persediaan jadi sangat mudah, cepat dan akurat. Sistem barcode juga dapat digunakan untuk dokumen, aset, absensi, dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya pilihan printer barcode yang ada dipasaran, tentunya akan sangat sulit menentukan memilih. Berikut rekomendasi jenis printer barcode terbaik yang dapat digunakan:

Printer Dot Matrix

Jenis printer yang menggunakan metode pencetakan pertama dengan sistem barcode. Memiliki stok penggantian yang mudah ditemukan, memiliki harga lebih murah dibandingkan peggunaan tinta maupun toner yang dimilikinya. Namun, dalam penggunaan harus memperhatikan bagian pita. Pita tersebut memiliki tampilan yang mudah memudar yang akan mempengaruhi hasil cetakan.

Printer Ink-Jet

Sama seperti Printer Dot Matrix, Printer Ink-Jet menjadi printer terbaik dengan harga murah. Bahkan tersedia dengan kertas berbahan pelekat atau kertas sticker. Printer Ink-Jet mudah ditemukan, namun sangat lambat dalam melakukan proses pencetakan, sensitif terhadap debu, guncangan, kotoran, dan faktor lingkungan lainnya. Pengguna software yang bisa menggunakannya pun terbatas. Karena berbagai alasan itulah printer jenis ini kurang diminati di pasaran.

Printer Laser

Printer jenis ini bisa bekerja lebih baik. Cara kerja yang menyerupai mesin fotocopy, membuat proses pencetakan lebih cepat dengan resolusi dan tingkat kepadatan tinggi, sehingga hasil pencetakan sangat sempurna. Kerena itu, printer jenis ini menjadi pilihan utama untuk penggunaan jenis dokumen yang melampirkan barcode di dalamnya.

Printer Thermal

Jika dibandingkan dengan tiga jenis printer yang sudah dijelaskan diatas, Printer Thermal memiliki keunggulan berupa fungsi khusus, efisien dan lebih hemat daripada jenis printer lain. Fungsi tersebut adalah dapat mencetak barcode dalam jumlah satuan. Penggunaan Printer Thermal dapat menghemat uang yang bisa dialokasikan untuk perawatan maupun penggantian suku cadang jika terjadi kerusakan.

Dari penjelasan rekomendasi jenis printer di atas, jenis Printer Thermal adalah jenis printer paling ideal bagi usaha atau bisnis retail atau sejenisnya. Contoh yang direkomendasikan untuk usaha atau bisnis retail adalah Printer Barcode Zebra GT820 yang mempunyai spesifikasi keunggulan sebagai berikut:

  • Mampu membuat ribbon hingga 300 meter
  • Didukung 32 RISC processor
  • Mempunyai 8 MB FLASH ROM
  • 8 MB SDRAM