EDUKASI LAYANAN INDOGO.ID - PERBEDAAN TRAINING, MENTORING, CONSULTING, COACHING, COUNSELING & FACILITATING



EDUKASI LAYANAN INDOGO.ID - PERBEDAAN TRAINING, MENTORING, CONSULTING, COACHING, COUNSELING & FACILITATING

Pernah dengar informasi berikut? Percuma lah COACH kesini, dia cuma jualan "bahasa" kasarnya / kurang sopan-nya "ludah", percuma bayar mahal-mahal tetapi tetap begitu saja hasilnya tidak berubah.. dan masih banyak lagi ...

Nah menyambung dari info tersebut mari kita bahas bersama perbedaan dari TRAINING, MENTORING, CONSULTING, COACHING, COUNSELING & FACILITATING

1. Training
Kata Kunci : Transfer Ilmu jadi artinya TRAINING adalah sebuah kegiatan untuk memindahkan sebuah ilmu dari Trainernya ke audience / pesertanya. Trainer pastinya orang ahli, yang belajar atau bersertifikasi tetapi bisa jadi mereka tidak berpengalaman di lapangannya, tetapi mereka tahu ilmunya dan tugas utamanya memindahkan ilmu tersebut bagi pendengarnya dengan tata cara yang dipelajari oleh seorang Trainer, makanya sering terdengar aktif-aktiflah ikut TRAINING baru di akhir kita yang tentukan ingin pakai metode yang mana, karena setiap AHLI dan METODE pasti diciptakan dari sebuah hasil penemuan yang mungkin belum sempurna tapi bisa menjadi PUZZLE bagi strategi bisnis kita.

2. Mentoring

Kata Kunci : Mengajarkan jadi artinya MENTORING adalah sebuah kegiatan dimana seseorang akan mengajarkan berbagai tips trik, pengalaman, metode dan cara-cara sukses sesuai dengan pengalamannya. Seorang Mentor adalah orang yang sukses dibidangnya dan nantinya dia akan menularkan / membesarkan hati dari pendengarnya dari hasil keberhasilan penerapan ilmunya. Jadi tugas seorang mentor lebih banyak adalah mendampingi seseorang (mentee). Biasanya seorang mentor lebih expert dari menteenya atau bahkan harus lebih expert agar bisa dipanggil Mentor.

3. Consulting
Kata Kunci : memberikan solusi, dalam konsep Consulting pihak yang memberikan masukan/solusi adalah Konsultan. Konsultan dipekerjakan untuk memecahkan suatu masalah tertentu, dalam waktu singkat atau membantu menyelesaikan masalah dalam jangka waktu yang lebih panjang. Umumnya kerjasama diakhiri setelah masalah tersebut dipecahkan. Selain berdasarkan fakta yang ditemukan (fact-finding) dan penilaian (assessment); memberikan konsep, solusi dan saran membantu meningkatkan produktivitas, efektivitas, meningkatkan penjualan, dst ; dapat juga melakukan pekerjaan di luar perusahaan klien. Misalnya riset untuk produk (product research), rencana pemasaran (marketing plan), rencana bisnis yang baru (new business plan), dst. Biasanya dengan memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan klien.

4. Coaching
Kata Kunci : menggali keterampilan artinya COACHING biasanya dilakukan satu orang dengan satu coach, atau satu coach dengan banyak orang / team dalam frekuensi kebutuhan yang sama, atau berbeda kebutuhan berbeda COACH karena COACH sendiri seperti Dokter specialist memiliki keahlian masing-masing seperti GOAL COACH, LIFE Coach dsbnya, Seorang Coach adalah fasilitator, bukan guru. Seorang coach adalah menggali kebutuhan klien sesuai subjectnya. Seorang coach percaya bahwa solusi ada pada setiap orang, jadi seorang coach tidak akan memberikan ilmu / solusi tertentu tapi mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk menggali sehingga seseorang (coachee) bisa menemukan sendiri solusinya. Coach menjadi cermin, membantu dan memberi saran kepada klien untuk melakukan pekerjaan yang dibutuhkan; menyelesaikan proyek-proyek, dst.

Biasanya berbasis hubungan one-on-one di mana coach membantu klien untuk fokus dan mencapai tujuan-tujuannya lebih cepat dari pada klien berusaha sendirian. Coach adalah orang yang ahli dalam memfasilitasi penggalian untuk pencapaian tujuan atau proses perkembangan diri klien, namun dia tidak perlu ahli benar dalam topik yang sedang dia coaching. Coach biasanya membantu klien dengan menyediakan tools dan hal-hal yang dapat memotivasi dan membantu pencapaian. Jika training saja tanpa ada coaching, maka produktivitas hanya naik 22%. Tetapi ketika setelah training diikuti dengan coaching, maka produktivitas naik mencapai hingga 88%. Jadi sangat luar biasa pendekatan coaching ini.

5. Counseling
Kata Kunci : Emosional Problem, artinya Seorang Konselor lebih banyak berbicara mengenai emosional problem yang membuat orang jadi lemah. Mirip dengan coaching, tapi yang menjadi fokus utama bukanlah peningkatan keterampilan klien, namun lebih kepada kemauan (motivasi/ mental/ sikap).

6. Facilitating
Kata Kunci : fasilitas, Fasilitator fokus pada pengembangan dan pengelolaan proses yang efektif yang membantu kelompok mencapai hasil yang mereka kehendaki. Fasilitator yang ahli kadang sama sekali tidak mengenal subjek/ isu yang menjadi pekerjaan kelompok yang difasilitasi, namun berhasil memfasilitasi kelompok mencapai tujuannya.

Jadi Perbandingan dan perbedaan diantaranya adalah seorang Coach tidak memiliki tanggung jawab memberikan solusi, Sessi Coaching sangat diperlukan kejujuran dari kliennya saat sessi berlangsung agar penggalian kendala dan tujuan tercapai, Seorang Mentor haruslah ahli dan menguasai bidang yang di mentori agar mampu mendampingi dan menaikkan kepercayaan diri dari mentee  orang yang di mentornya, kadang mentor sangat diperlukan untuk membesarkan hati dan keberanian dari mentee untuk mengambil keputusan dan menghadapi worst case / resiko yang mungkin terjadi.  Seorang coach ahli dalam membuat pertanyaan yang memberdayakan kreatifitas klien, sedangkan seorang mentor ahli dalam bidang yang dimentori. Trainer sendiri umumnya memiliki sertifikasi belajar di lembaga yang memiliki program sertifikasi Trainer yang kompeten. Consulting umumnya naik karena telah memiliki bukti kredibilitas telah berhasil menjadikan solusi di kendala yang sedang dihadapi.

INDOGO sendiri memiliki layanan Training penggunaan produk, Consulting untuk mendapatkan solusi TOOLS yang paling tepat untuk usaha, anak perusahaan INDOGO bernama INNERGROWTH.id memiliki layanan COACHING dan SELF PROFILING untuk bantu para pengusaha mengetahui panggilan, keahlian dan kekuatannya untuk agar dapat mencapai maksimal potensi diri dan perusahaanya. Selain itu dari perjalananan sejak tahun 2008 INDOGO juga dilengkapi dengan layanan MENTORING bagi para startup / bidang yang ditekuni oleh INDOGO.id

Gimana jadi dapat pencerahan perbedaan di antara TRAINING, MENTORING, CONSULTING, COACHING, COUNSELING & FACILITATING?
Ada ingin berkomentar lain
Follow instagram INDOGO.id di https://instagram.com/indogo.id

Salam INDOGO?
Everyone is C.E.O!!
(Chief Examples of Others)
Marilah kita menjadi contoh dimanapun kita berada untuk membantu negara Indonesia tercinta.