INDOGO BUSINESS DEVELOPMENT - APA SEBENARNYA ARTINYA dan TUGASNYA?



INDOGO BUSINESS DEVELOPMENT - APA SEBENARNYA ARTINYA dan TUGASNYA?

INDOGO BUSINESS DEVELOPMENT - APA SEBENARNYA ARTINYA dan TUGASNYA?

Indogo berdiri sejak tahun 2019 dibawah legalitas PT LENMARC EXA ABADI DIGITAL yang berdiri sejak tahun 2018 dan berpengalaman sejak 2008 cek disini : https://www.whois.com/whois/lenmarc.com

Indogo tercipta dan terbentuk di-inisiasi karena kesulitan lenmarc.com transfer ilmu saat mau bangun duta digital Indonesia sesuai dengan salah satu misinya Membangun Duta Digital Indonesia, membuka lapangan pekerjaan dan mendampingi para Entrepreneur.

Salah satu masalahnya adalah dengan spesifik produknya yang cukup banyak dan fitur yang beragam di produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pengusaha di bidang retail grosir, retail bundling, retail assembling, toko emas, toko berlian, toko textile dan makloon, dan toko-toko lainnya seperti petshop, lemspa, lemjasa, lecafe dan lain sebagainya.

Sehingga team berpikir bagaimana yah caranya dan dibuatlah INDOGO, sehingga tanpa pengetahuan, tanpa skill selama ada kenalan, INDOGO bisa dipakai untuk bantu DUTA DIGITAL dapat penghasilan tambahan sekaligus dapat bantu para pengusaha INDONESIA di bidang DIGITALISASI BACK OFFICE usahanya tanpa perlu keahlian khusus selain hp dan internet.

Dengan INDOGO para Duta Digital :

  1. cukup akses platformnya,
  2. daftarkan calon pengusaha berupa bidang usaha, nama, wa kemudian
  3. seluruh pertanyaan konsultasi kebutuhan usaha sudah tertera di Indogo, Duta Digital tinggal memandu calon pengusaha menjawab pertanyaan kemudian
  4. para pendaftar dapat langsung menikmati instan demonya siap pakai hanya 2 menit di wa dan email.
  5. Indogo juga sudah dilengkapi dengan OTP sehingga para pendaftar dipastikan datanya valid dan jika terjadi deal pada Duta Digital dapat menerima FEE Thanks Penny dari INDOGO

Dan dalam masa perkembangan pertumbuhan tersebut INDOGO berpikir divisi apa yang harus dimiliki perusahaan untuk growth yah? Dan akhirnya menemukan namanya DIVISI Business Development. Di artikel hari ini kita akan bahas

  1. Apa itu Business Development?
    Yang pasti Business Development atau yang seringkali disebut BD atau BUSDEV bukanlah pekerjaan sales. Orang dalam business development bertugas untuk memajukan sebuah perusahaan dengan strategi pengembangan bisnisnya.
    Jadi sales bisa jadi ada dalam bagian business development tetapi tidak berlaku sebaliknya. Tujuan BD atau BUSDEV atau Business Development adalah mendapatkan keuntungan, mereka bisa bekerja sama untuk bertukar strategi demi mencapai target yang diharapkan perusahaan.

    Dilansir dari Forbes, BD adalah sebuah proses menciptakan nilai jangka panjang untuk perusahaan melalui pelanggan, pasar, dan juga relasi bisnis. BD adalah orang yang bertanggung jawab untuk mencari cara supaya interaksi dari ketiga saluran tersebut (pelanggan, pasar, dan relasi bisnis) bisa menciptakan peluang bagi perusahaan untuk terus tumbuh.

    Jika Anda memiliki skill komunikasi yang baik? Tertarik dalam dunia bisnis? Suka berinteraksi dengan orang baru? Mungkin business development (BD) merupakan pekerjaan yang tepat untuk anda.

    Dengan kata lain, seorang BD harus memutar ide terus-menerus agar perusahaan selalu untung. Untuk itu, BD akan mengembangkan ketiga unsur yang sudah disebutkan di awal tadi : pelanggan, pasar, dan juga relasi bisnis, Mari kita bahas setiap unsurnya.

    1. Pelanggan

    Tanpa adanya customer, sebuah perusahaan tidak akan berkembang. Namun, sebuah produk atau jasa tidak akan mungkin cocok bagi semua kalangan.

    Jadi sangat diperlukan analisa ini di dalam bagian Business Development, metode yang digunakan bisa menggunakan Story Telling Framework, SWOT, 7P dan lain sebagainya.

    2. Pasar

    Dalam membangun bisnis, target market merupakan salah satu yang harus dipikirkan sejak awal. Hal ini berguna agar perusahaan mengetahui produk atau jasa apa yang dapat dijual.

    Namun, target market ini bisa terus berkembang, tidak stagnan hanya di satu titik. Seorang BD biasanya akan memikirkan dan menyesuaikan produknya agar dapat menyasar pasar yang baru. Dan ini akan lebih mudah jika nomor 1 yaitu pelanggan bisa diidentifikasi terlebih dahulu baik dari sisi gender, religion, hobby, dan lain sebagainya. Seperti sebelumnya pernah kita bahas, Produk bisa dibagi 2 dibutuhkan atau dibuat sadar bahwa mereka perlu produk tersebut.

    3. Relasi bisnis

    Perusahaan pastinya akan membangun relasi dengan pelanggan, sponsor, ataupun klien. Tanpa adanya relasi yang baik, mungkin sebuah bisnis tidak akan bertahan lama.

    Lalu, apa tugas seorang BD? Seorang BD bekerja sama dengan timnya untuk membangun relasi yang baik berdasarkan kepercayaan, respek, serta apresiasi satu sama lain. Tujuannya agar relasi tersebut berjalan dalam jangka waktu panjang.

    Nilai jangka panjang atau yang biasa disebut long-term-value sendiri sederhananya yaitu uang, keuntungan, image, atau apa saja yang menjadi tujuan utama sebuah perusahaan berkembang.

    Namun, orang yang bertanggung jawab atas business development bukan hanya mengusahakan keuntungan sebanyak-banyaknya dalam waktu singkat. INI PENTING : Mereka juga harus memikirkan strategi dan taktik dalam jangka panjang demi berkembangnya perusahaan tersebut.

  2. Tanggung Jawab Business Development

    Sudah mendapatkan sedikit pencerahan mengenai pekerjaan BD? Tanggung jawab BD adalah :
    • Melakukan riset pasar
    • Mencari peluang pelanggan baru dan menjaga relasi antar pelanggan atau klien
    • Bekerja sama dengan divisi lain untuk memenuhi kebutuhan pasar atau klien
    • Menyusun dan mempresentasikan rencana pengembangan bisnis perusahaan
    • Melakukan riset perkembangan bisnis perusahaan secara berkala
    • Memahami produk dari perusahaan, kompetitor, dan posisi bisnis di dalam pasar
    • Bekerja sama dengan bagian sales agar mendapatkan calon klien atau pelanggan baru yang menjanjikan

  3. Skill yang Dibutuhkan Seorang Business Development
    1. Motivasi Tinggi

    Menjadi seorang BD diharuskan memiliki mtovasi yang tinggi serta kedisiplinan dalam bekerja. Seorang BD juga tidak boleh mudah menyerah dan mampu untuk memenuhi target dalam keterbatasan dan juga deadlin bahkan beyond expectation, karena di bidang BD sendiri umumnya perusahaan menawarkan timbal balik yang menarik jika project-project dan strategi yang dilakukan tercapai bahkan melewati batas target perusahaan.

    2. Management
    Dengan fokus tugas yang amat beragam, kemampuan mengatur waktu dan prioritas pun harus dimiliki oleh seorang BD. Seorang BD juga harus pintar-pintar mengatur sumber daya yang ada pada tim dan perusahaan supaya bisa mendukung pertumbuhan bisnis.

    3. Komunikasi
    Tidak hanya bekerja di balik layar, seorang BD pun harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Pasalnya, mereka harus berkomunikasi dengan calon pelanggan, klien, tim, dan juga presentasi di hadapan kolega atau klien.

    4. Marketing
    Tak cuma dengan sales, BD juga banyak bekerja dengan divisi marketing untuk mempromosikan brand. Karena itu, seorang BD sebaiknya juga mempunyai skill dasar dalam bidang marketing.

    5. Negosiasi
    Dalam pekerjaannya, seorang BD akan dihadapkan untuk bernegosiasi dengan klien yang sudah ada atau calon klien yang berpotensi untuk kerja sama dengan perusahaan. Nah, dalam hal ini seorang BD harus mengasah skill dalam bernegosiasi agar semua proyek berhasil tercapai.

    6. Analisis data
    Akan banyak data yang harus dianalisis oleh seorang BD. Dari data pertumbuhan penjualan per bulan, data investor, data klien, sampai juga data dari kompetitor yang perlu dianalisis dan dipelajari. Dari sinilah ketelitian dan kemampuan analisis data sangat dibutuhkan.

    Data tidak hanya sekadar tulisan tapi bisa juga berisi pola gambar, angka, pola angka, bahkan operasi matematika, di INDOGO BD sudah dilengkapi dengan TOOLS-TOOLS pendukung yang bisa membantu pekerjaan BD menjadi maksimal. Seorang BD juga harus mampu menyusun data dan menyajikannya kepada atasan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Jika anda yakin dengan skill analisis datamu, mungkin anda akan sangat cocok bekerja sebagai business development.

    7. Project management
    Bekerja untuk mengembangkan sebuah bisnis memang merupakan hal yang kompleks dan berisiko tinggi. Menjadi seorang BD membutuhkan tanggung jawab yang tinggi karena perusahaan menggantungkan nasibnya di tanganmu.

    Dalam menjadi BD, kamu sudah harus siap menghadapi segala kemungkinan terbaik dan terburuk. Tidak hanya proyek saja yang harus kamu tangani, melainkan kerja sama tim, support dalam tim, serta pemecahan masalah.
    Dalam hal ini, leadership perlu ditanamkan dalam mental agar semua proyek yang dipimpin bisa berjalan dengan lancar dan selaras dengan tim.

Indogo memiliki tagline EVERYONE is C.E.O, Chief Example of others
Jika anda Ingin jadi duta digital INDOGO? Daftar disini : https://bit.ly/RefferalIndogo
Jika ingin berkarir bersama INDOGO, klik disini : https://bit.ly/rekrutmenPTLEAD