Inilah Pentingnya Point Of Sale Untuk Bisnis Ritel Anda



Inilah Pentingnya Point Of Sale Untuk Bisnis Ritel Anda

Ritel merupakan bisnis yang sangat digandrungi akhir-akhir ini karena ritel memiliki target market yang besar. Karena bisnis retail ini memiliki konsumen dan produk yang banyak inilah yang membuat bisnis retail penuh tantangan mulai dari mengatur stok barang hingga mencari tren terbaru. 

Salah satu yang membuat bisnis retail ini dapat terus berkembang adalah kemampuan sang pemilik bisnis dalam mengelola keuangan dan sumber daya yang dimiliki. Karena seperti kita ketahui ritel merupakan salah satu bisnis yang cukup kompleks. Barang yang di kelola tidak hanya satu jenis aja, tetapi sangatlah banyak. Dan retail ini pun selalu terhubung dengan banyak orang baik itu karyawan maupun konsumen.

Disinilah pentingnya sebuah sistem untuk menata proses penjualan dan pembelian. Saat ini begitu banyak point of sales (pos) atau biasa disebut aplikasi kasir yang beredar di pasaran. Point of sales ini menjawab kebutuhan para pebisnis ritel agar bisa menata keuangan bisnisnya menjadi leih baik.

Berikut beberapa benefit yang akan didapatkan saat para pebisnis retail menggunakan Point Of Sale System.

1. Dapat memberikan pelayanan yang lebih baik terhadap pelanggan. Sering kali pelanggan merasa kesal ketika sulit mencari barang yang di inginkan. Pelanggan bisa bertanya kepada staff  toko untuk mencari barang yang di inginkan, dan dalam hitungan detik point of sale system ini dapat menemukan lokasi penyimpanan barang yang di cari.

2. Dapat melakukan pelacakan inventaris di beberapa toko. Misalnya ketika stok di salah satu toko habis, staff toko dapat dengan mudah mencari ketersediaan produk  yang diinginkan di toko cabang yang lainnya.

3. Dapat mengoptimalkan keamanan data pelanggan. Data-data kartu kredit pelanggan harus disimpan dengan baik dan aman. Dengan sistem Cloud POS data pelanggan akan tersimpan lebih aman, berbeda dengan menyimpan disistem komputer yang beresiko kehilangan data akibat virus atau sistem yang rusak. 

4. Sistem POS berbasis cloud memungkinkan para pebisnis ritel mengecek bisnis dimana saja. Tidak perlu datang ke toko untuk memantau transaksi yang sedang berjalan, melacak stok barang, dan melihat data penjualan.

5. Dengan menggunakan sistem POS laporan penjualan dapat disajikan  dengan lengkap dan akurat. Menghindari resiko human error pada saat input data penjualan. Laporan-laporan bisa merupakan laporan jumlah produk yang terjual, keuntungan penjualan,produk yang paling laris di pasaran dan lebih banyak lagi

6. Proses refund dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Ketika ada pelanggan yang membatalkan pembeliannya, dengan sistem POS dengan hitungan detik jumlah barang yg sudah di kurangi bisa dikembalikan ke jumlah awal kembali.

Setelah mengetahui betapa banyaknya benefit yang didapatkan dengan memakai point of sale untuk bisnis retail anda, apakah anda masih ragu untuk memakainya?? LemPoS hadir sebagai aplikasi terbaik buatan anak bangsa, dengan fitur berbahasa Indonesia,  dan sangat cocok untuk pebisnis indonesia. Pakai LemPoS sekarang juga klik  https://www.lempos.com/. Info lebih lanjut bisa WA ke nomor 089626005000.